X News Politik Kriminal Pemerintah Seremonial Olahraga Opini Berita Covid-19 Nasional

Pemda

Pemda

KPU Part I

KPU Part I

KPU Part II

KPU Part II

Iklan KPU

Iklan KPU

Pemda gawai

Pemda gawai

Bupati Sekadau Aron, SH Bangun Rumah Adat Kojang Desa Landau Apin

Sekadau,Batasborneo.com Bupati Sekadau Aron SH Melaksanakan Peletakan Tiang pertama tanda di  Bangunan Balai Adat Wilayah Kojang Tengah, Desa Landau Apin, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau pada hari Kamis, 5 Oktober 2023.

"Ia menyampaikan, dengan di bangun nya Rumah Adat ini, merupakan untuk wadah melaksanakan kegiatan-kegiatan adat serta acara lainnya. Yang akan di laksanakan di sini, rumah adat merupakan tujuan untuk, melestarikan budaya kita, untuk berkumpul melaksanakan kegiatan yang ada di desa kita, serta   menghidupkan budaya" yang ada, ucap nya.

Bangunan seluas 7,5 x 10 (m²) ini dikerjakan oleh CV. Raman Jaya dengan nilai kontrak seratus sembilan puluh tiga juta tujuh ratus sembilan belas ribu rupiah (Rp. 193.719.000), bersumber dari APBD 2023 ia berharap agar rampung tahun depan.

Ketua Pelaksana, Elisius Tinus mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah daerah Sekadau yang mendukung pelaksanaan pembagunan rumah adat di desa kami, " kami merasa bangga karena tahun ini sudah berdiri rumah adat, ini  semoga ini menjadi ke bangaan masyarakat 

Tahun lalu disini cuma ada balai angin. Namun, mengingat kondisinya sudah tidak layak, maka tahun ini kami juga mengajukan pembagunan  rumah adat ini.


Sementara itu Kadis Disporapar Kabupaten Sekadau, Bayu Dwi Harsono . Banyak hal yang dilakukan oleh Bupati dan Wabup meskipun dalam waktu singkat, dapat mengerjakan banyak program. Yang sudah terealisasikan,

"Semangatnya besar dengan dana terbatas untuk membangun kabupaten Sekadau, luar biasa di semua sektor".

Dari semua sektor yang ada, semuanya masuk. Secara saya pribadi, beliau bekerja memperhatikan masyarakat di pelosok.

Ini tahun ketiga beliau memimpin. Secara khusus membangun budaya, salah satunya bangun rumah adat ini

Harapan masyarakat bahu membahu, supaya rumah adat terlaksana dengan baik. Bangunkan dengan baik, kualitas yang bagus, laksanakan dengan baik, selesai tepat waktu.

"Mari saling mendukung diantara kita, sehingga program pembangunan bupati bisa lancar." pinta Kadis Disporapar

Hal yang sama kata Bupati Sekadau, Aron, S.H. mengungkapkan, sebenarnya tahun 2022 kemarin kita melaksanakan pembangunan rumah adat ini.

Balai angin yang sangat sederhana, maka masyarakat mengajukan rumah yang persentatif, rumah yang bagus

Bukan hanya di Kojang Tengah saja, tetapi untuk Kabupaten Sekadau, sudah beberapa bangunan rumah adat yang sudah kita Bangun serta pemda alokasikan di Gurung Urau dan Sungai kunyit.  ini menjadi wadah guna melestarikan adat istiadat kita. Serta untuk menjalin silaturahmi di antara kita .

Memang saat ini hampir setiap daerah tidak memiliki rumah Betang, maka pemda mengalokasikan anggaran rumah adat di kabupaten Sekadau. Agar budaya-budaya kita yang ada di lestarikan serta di hidup kembali, jangan sampai hilang di telan jaman, kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga budaya kita cetus nya,

Karena masa jabatan kami tidak seperti Bupati umumnya, hanya 2,5 tahun. Tentu tidak semua bisa kita akomodir, meskipun sudah kita canangkan, ungkap Aron

"Di sekian minggu kedepan kita Plt kan direktur RSUD Pratama, sehingga masyarakat tidak perlu berobat jauh, melalui program P3K, kita bantu tenaga di rumah sakit ini.

Kami pemda konsen, dalam membatu warga kita yang di pelosok, agar mendapatkan pelayanan kesehatan, maka rumah sakit ini kita Bagun di sini, ucap nya. bisa kita laksanakan dan ditindaklanjuti untuk kebutuhan masyarakat.

PR berat kami kedepan, IPM kabupaten Sekadau, baik dari segi pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Tahun ini kita sudah mengalokasikan jembatan di Landau Apin menuju Kojang Tengah, kurang lebih 2 sekian miliar
Nanti selepas ini kita koordinasikan ke PUPR kenapa bisa terkendali.

Agar perekonomian di Nanga Mahap meningkat. Sebab jika jalan bagus tentu nya Rode perekonomian semakin berputar meningkat, Dan tahun depan kami mulai mengaspal kan di Landau Apin, kita lanjutkan yang ada aspal.

Ia juga menyampaikan jika jalan sudah bagus Jangan sampai anak putus sekolah, baik SD, SMP, SMA. Saat ini saya pikir tidak ada kendala lagi menempuh pendidikan karena sekolah sudah dekat jalan pun sudah bagus 
Saya berharap didukung pekerjaan ini agar terlaksana dengan tepat waktu.(v)



Editor :      venan
LihatTutupKomentar